ROGRAM SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KELOMPOK USIA
: B (5-6 TAHUN)
NO
|
KOMPETENSI DASAR
(KD)
|
MUATAN
MATERI
|
Tema Aku
|
Tema Diri
Sendiri
|
Tema
Lingkunganku
|
Tema
Kebutuhanku
|
Tema
Binatang
|
Tema
Tanaman
|
|||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
||||||||||||||||||||||||||
o
|
o
|
o
|
o
|
1
|
2
|
3
|
E
|
4
|
5
|
6
|
7
|
E
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
s
|
||||||||
1
|
1.1
|
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaannya
|
1.1.1
1.1.2
1.1.3
|
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan.
Mengikuti kegiatan ibadah.
Menyayangi ciptaan Tuhan.
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
|||
1.2
|
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar
sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
1.2.1
1.2.2
1.2.3
|
Mengucapkan terima kasih, tolong, maaf.
Memberi dan membalas salam.
Menghargai hasil karya orang lain.
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
||||
2
|
2.1
|
Memiliki perilaku yang
mencerminkan hidup sehat
|
2.1.1
2.1.2
2.1.3
|
Mencuci tangan sebelum dan setelah kegiatan.
Membuang sampah pada tempatnya.
Membiasakan makan makanan sehat.
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
|||
2.2
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
2.2.1
2.2.2
2.2.3
|
Berani bertanya.
Berani mengungkapkan pendapat.
Berani mengungkapkan perasaan.
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
||||
2.3
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
2.3.1
|
Berani mencoba sesuatu yang baru.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.4
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
2.4.1
2.4.2
2.4.3
|
Bangga terhadap hasil karya sendiri.
Bersikap ramah.
Berpakaian rapi dan bersih.
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
||||
2.5
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
2.5.1
2.5.2
2.5.3
|
Berani tampil.
Menyelesaikan tugas sendiri
Tidak didampingi didalam kelas.
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
||||
2.6
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
2.6.1
2.6.2
2.6.3
|
Datang tepat waktu.
Mentaati peraturan sekolah.
Taat pada aturan permainan
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
√√√
|
||||
2.7
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu
gliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara) untuk melatih
kedisiplinan
|
2.7.1
|
Sabar menunggu giliran bermain.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.8
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
2.8.1
|
Menyelesaikan tugas sendiri.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.9
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap perduli dan mau
membantu jika diminta bantuannya
|
2.9.1
|
Menolong teman atau guru.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.10
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran
kepada orang lain
|
2.10.1
2.10.2
|
Bermain bersama
Bekerja dalam kelompok.
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
||||
2.11
|
Memiliki perilaku yang dapat menyesusikan diri
|
2.11.1
|
Mudah bergaul.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.12
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
1.12.1
2.12.2
|
Menyelesaikan tugas.
Mentaati peraturan yang berlaku.
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
||||
2.13
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
2.13.1
|
Berani berkata sebenarnya.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
2.14
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun
kepada orang tua, pendidik dan teman
|
2.14.1
2.14.2
|
Berbicara sopan
Bersikap ramah
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
√√
|
||||
3
|
3.1
|
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
|
Mengenal macam-macam agama
Mengenal tempat ibadah
Mengenal hari besar agama
Mengenal kitab suci dan pemuka agama
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
√
√√√
|
|||
3.2
|
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
3.2.1
3.2.2
|
Menyebutkan perilaku jujur suka menolong, sopan santun, hormat.
Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
||||
3.3
|
Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan
motorik kasar dan motorik halus
|
3.3.1
3.3.2
|
Mengenal panca indra dan gunanya
Mengenal anggota tubuh dan fungsinya
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
||||
3.4
|
Mengetahui cara hidup sehat
|
3.4.1
3.4.2
|
Mengenal perilaku hidup bersih dan sehat.
Mengenal perilaku hidup peduli keselamatan.
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
||||
3.5
|
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku
kreatif
|
3.5.1
|
Mengenal cara memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.6
|
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
3.6.1
3.6.2
3.6.3
3.6.4
3.6.5
|
Mengenal benda-benda sekitar berdasarkan warna primer dan
skunder.
Mengenal benda-benda sekitar berdasarkan bentuk lingkaran,
segitiga, persegi panjang.
Mengenal ukuran besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan.
Mengenal pola AB-AB, ABC-ABC.
Mengenal suara jenis suara, cepat lambat suara.
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
||||
3.7
|
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal,
tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
3.7.1
|
Mengenal benda-benda sekitar berdasarkan perbedaan sebab akibat,
asal mula.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.8
|
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
3.8.1
|
Mengenal lingkungan alam, hewan : darat, laut, udara; tanaman :
tanaman bunga, sayur, buah, hutan, perkebunan; cuaca : panas, dingin,
penghujan, kemarau.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.9
|
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
3.9.1
|
Mengenal berbagai macam teknologi sederhana melalui : peralatan
rumah tangga : blender, pompa air, gunting; peralatan bermain :
mobil-mobilan, jungkit-jungkitan; peralatan pertukangan : palu.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.10
|
Memahami bahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
|
3.10.1
3.10.2
|
Mengenal bahasa reseptif melalui menyimak dan membacakan buku.
Mengenal bahasa reseptif melalui cerita guru.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.11
|
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
3.11.1
|
Mengenal bahasa ekspresif melalui Tanya jawab, berbicara secara
lisan, menceritakan kembali isi bacaan, membuat sajak.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
3.12
|
Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
|
3.12.1
|
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain huruf, suku kata awal,
suku kata akhir, menyuarakan bunyi huruf, meniru dan menyalin bentuk huruf,
serta memahami kata dalam cerita.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||







0 komentar:
Posting Komentar