Minggu, 07 Juni 2020

Program Semester Klp. B

Contoh Program Semester Klp. B


 ROGRAM SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
KELOMPOK USIA : B (5-6 TAHUN)
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
MUATAN MATERI
Tema Aku
Tema Diri Sendiri
Tema Lingkunganku
Tema Kebutuhanku
Tema Binatang
Tema Tanaman
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOPEMBER
DESEMBER





o
o
o
o
1
2
3
E
4
5
6
7
E
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
s
1
1.1
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaannya
1.1.1

1.1.2
1.1.3
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan.
Mengikuti kegiatan ibadah.
Menyayangi ciptaan Tuhan.


























1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
1.2.1

1.2.2

1.2.3
Mengucapkan terima kasih, tolong, maaf.
Memberi dan membalas salam.
Menghargai hasil karya orang lain.

















































2
2.1
Memiliki perilaku  yang mencerminkan hidup sehat
2.1.1

2.1.2

2.1.3

Mencuci tangan sebelum dan setelah kegiatan.
Membuang sampah pada tempatnya.
Membiasakan makan makanan sehat.


















































2.2
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.2.1
2.2.2

2.2.3
Berani bertanya.
Berani mengungkapkan pendapat.
Berani mengungkapkan perasaan.




























2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif


2.3.1
Berani mencoba sesuatu yang baru.

2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.4.1

2.4.2
2.4.3
Bangga terhadap hasil karya sendiri.
Bersikap ramah.
Berpakaian rapi dan bersih.

















































2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.5.1
2.5.2
2.5.3
Berani tampil.
Menyelesaikan tugas sendiri
Tidak didampingi didalam kelas.


2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

2.6.1
2.6.2
2.6.3
Datang tepat waktu.
Mentaati peraturan sekolah.
Taat pada aturan permainan
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√
√√√

2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu gliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan



2.7.1
Sabar menunggu giliran bermain.

2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian

2.8.1
Menyelesaikan tugas sendiri.

2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap perduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

2.9.1
Menolong teman atau guru.

2.10
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang lain
2.10.1
2.10.2
Bermain bersama
Bekerja dalam kelompok.
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√

2.11
Memiliki perilaku yang dapat menyesusikan diri
2.11.1
Mudah bergaul.

2.12
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab

1.12.1
2.12.2
Menyelesaikan tugas.
Mentaati peraturan yang berlaku.
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√

2.13
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

2.13.1
Berani berkata sebenarnya.

2.14
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah diri dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman


2.14.1
2.14.2
Berbicara sopan
Bersikap ramah
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
√√
3
3.1
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.1.1

3.1.2
3.1.3
3.1.4
Mengenal macam-macam agama
Mengenal tempat ibadah
Mengenal hari besar agama
Mengenal kitab suci dan pemuka agama


√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

√√√

3.2
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.2.1


3.2.2
Menyebutkan perilaku jujur suka menolong, sopan santun, hormat.
Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan


















































3.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

3.3.1

3.3.2
Mengenal panca indra dan gunanya
Mengenal anggota tubuh dan fungsinya

























3.4
Mengetahui cara hidup sehat
3.4.1

3.4.2
Mengenal perilaku hidup bersih dan sehat.
Mengenal perilaku hidup peduli keselamatan.









































































3.5
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif

3.5.1
Mengenal cara memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

3.6
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.6.1


3.6.2



3.6.3


3.6.4

3.6.5
Mengenal benda-benda sekitar berdasarkan warna primer dan skunder.
Mengenal benda-benda sekitar berdasarkan bentuk lingkaran, segitiga, persegi panjang.
Mengenal ukuran besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan.
Mengenal pola AB-AB, ABC-ABC.
Mengenal suara jenis suara, cepat lambat suara.



































































































































































































3.7
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)

3.7.1
Mengenal benda-benda sekitar berdasarkan perbedaan sebab akibat, asal mula.

3.8
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.8.1
Mengenal lingkungan alam, hewan : darat, laut, udara; tanaman : tanaman bunga, sayur, buah, hutan, perkebunan; cuaca : panas, dingin, penghujan, kemarau.




3.9
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
3.9.1
Mengenal berbagai macam teknologi sederhana melalui : peralatan rumah tangga : blender, pompa air, gunting; peralatan bermain : mobil-mobilan, jungkit-jungkitan; peralatan pertukangan : palu.


3.10
Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)
3.10.1


3.10.2


Mengenal bahasa reseptif melalui menyimak dan membacakan buku.
Mengenal bahasa reseptif melalui cerita guru.

3.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

3.11.1
Mengenal bahasa ekspresif melalui Tanya jawab, berbicara secara lisan, menceritakan kembali isi bacaan, membuat sajak.

3.12
Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain
3.12.1
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain huruf, suku kata awal, suku kata akhir, menyuarakan bunyi huruf, meniru dan menyalin bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.




0 komentar:

Posting Komentar